Sabtu, 25 Juni 2011

Latar Belakang dan Tujuan masalah


The 3rd Astra Honda Safety Riding Instructors Comp



PT Astra Honda Motor (AHM) mengadakan “The 3rd Astra Honda Safety Riding Instructors Competition” yang merupakan salah satu wujud komitmen Honda dalam meningkatkan kesadaran safety riding di Indonesia. Acara yang digelar di area test course PT Astra Honda Motor – Part Centre, Jl. Raya Tipar – Inspeksi Cakung Drain, Jakarta Timur tanggal 12 - 13 Agustus 2009 ini terasa berbeda dari penyelenggaraan tahun-tahun sebelumnya, dimana peserta kompetisi tahun ini bukan hanya berasal dari instruktur-instruktur safety riding terbaik Main Dealer Honda seluruh Indonesia, tapi kompetisi ini juga diikuti oleh instruktur safety riding Astra Honda Motor dan untuk pertama kalinya diikuti pula oleh jurnalis-jurnalis nasional.

PT AHM merupakan pelopor safety riding di Indonesia dan telah membuktikan komitmennya sejak lama, baik secara software berupa edukasi Attitude Responsible Tactic’s dan juga diimplementasikan secara hardware dalam fitur-fitur sepeda motor Honda. Edukasi dan sosialisasi kemampuan (skill) dan perilaku berkendara (etika) yang aman dan nyaman secara konsisten dilakukan sebagai wujud komitmen Honda untuk selalu mengutamakan keselamatan pengendara sepeda motor dan pengguna jalan lainnya. Salah satu perangkat sosialisasi safety riding yang kini sudah disebarkan ke seluruh Indonesia adalah HRT atau Honda Rding Trainer, yaitu komputer simulator pelatihan Safety Riding yang mudah digunakan oleh siapa saja.

Salah satu perwujudan sosialisasi safety riding ini adalah dengan penyelenggaraan kompetisi safety riding yang telah memasuki tahun ketiga. Penyelenggaraan kompetisi ini menjadi ajang mengukur dan meningkatkan kemampuan para instrukturnya dari segi teori maupun praktek di lapangan. Dengan diikuti 46 instruktur safety riding Main Dealer Honda, 20 instruktur safety riding Astra Honda Motor, dan 20 jurnalis nasional, maka para peserta kompetisi ini akan menjadi panutan di masyarakat dalam edukasi cara berkendara yang aman serta nyaman dengan standar kelas dunia. Peserta jurnalis ini adalah yang pertam kali di Indonesia.

Penilaian kompetisi ini mengikuti standar Japan Safety Riding Instructor Competition dan akan dilakukan penilaian secara individual dan kelompok. Para peserta harus mengikuti uji materi dan praktek, yaitu : Braking 60 km/jam, Slalom Figure + Figure 8, Slalom Course, dan Narrow Plank. Sementara uji praktek sendiri memiliki banyak kategori yang dinilai seperti postur badan dan anggota tubuh, serta pengoperasian sepeda motor secara benar, tepat dan cepat.

Pemenang pertama dalam kompetisi ini akan memenangkan 1 unit Honda Blade untuk kategori instruktur safety riding Main Dealer Honda, paket riding gear untuk kategori instruktur safety riding Astra Honda Motor, dan 1 buah Blackberry Bold untuk kategori jurnalis nasional.

Tak hanya melalui kompetisi safety riding ini, Honda pun secara terus menerus mengedukasi konsumen di segala lapisan masyarakat, terutama untuk generasi muda untuk menciptakan kesadaran berlalu lintas yang aman sejak dini. Honda pun memberikan edukasi berkendara yang aman melalui "Honda Riding Trainer" (HRT). HRT merupakan sebuah terobosan teknologi edukasi kepada konsumen yang pertama kali di Indonesia yang mensimulasikan keterampilan para pengendara dalam menghadapi serta mengantisipasi berbagai kondisi lalu lintas.

Selain melalui edukasi dan sosialisasi kepada konsumen, Honda mewujudkan komitmen keselamatan pengendara dalam produk-produk unggulan AHM yang telah menerapkan teknologi keselamatan dan kenyamanan, seperti parking brake lock, side stand switch, secure key shutter, dan teknologi Honda terbaru combi brake. Kesemua fitur-fitur Honda memberikan rasa nyaman dalam berkendara.

"Program Safety Riding Honda ini akan dijalankan terus-menerus secara konsisten dan berkesinambungan di seluruh Indonesia sebagai bentuk tanggung jawab moral dan komitmen Honda terhadap keselamatan konsumen sepeda motor Indonesia, terutama untuk generasi muda dalam menciptakan kesadaran berlalu lintas yang aman sejak dini." ungkap Julius Aslan, Marketing Director PT AHM.

Sementara Johannes Loman, Executive Vice President Director PT AHM berpendapat "Keselamatan dan keamanan adalah prioritas kami sebagai produsen motor Honda. Oleh karena itu, aktivitas safety riding merupakan salah satu bentuk kepedulian dan tanggung jawab sosial Honda untuk masyarakat Indonesia."

Sehingga dengan sepeda motor Honda yang mengusung teknologi keselamatan dan kenyamanan, ditunjang kenyamanan berkendara dengan perawatan rutin di bengkel resmi AHASS, serta kemampuan dan perilaku berkendara yang aman dan nyaman, menciptakan kondisi berkendara "Enjoy Riding With Honda".

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More